Diskusi Tentang Stroke

sumber : http://untukhidupsehat.blogspot.com/
Big Thanks for Mas Juli Budi Prihanto


Masih ingat dengan Meutia Kasim? Meutia Kasim adalah selebritis yang pernah menjadi juri di ajang Indonesian Idol 1 dan 2. Namun, Meutia tidak bisa menuntaskan perannya sebagai juri di Indonesian Idol 2 karena sakit. Meutia terkena serangan stroke perdarahan (hemorrhagic stroke subarachnoid) pada usianya yang ke-36 tahun 2005 lalu. Memang saat itu, Meuthia sangat sibuk dengan pekerjaannya sampai kurang memperhatikan kesehatan.


Dulu penyakit stroke hanya menyerang kaum lanjut usia (lansia). Seiring dengan berjalannya waktu, kini ada kecenderungan bahwa stroke mengancam usia produktif bahkan di bawah usia 45 tahun. Penyakit stroke pun ternyata bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jabatan ataupun tingkatan sosial ekonomi.

MENGAPA seseorang terkena stroke ..??

Stroke terjadi dikarenakan otak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel otak.

Nutrisi yang diperlukan sel-sel otak dibawa oleh darah. Aliran darah ke otak akan berkurang jika :

  1. Tekanan darah ke otak terganggu (normalnya tekanan darah ke otak diatur oleh otoregulasisinus carotis dan baroreceptor dipembuluh darah leher).
  2. Akibat proses penuaan pembuluh darah otak yang berubah menjadi keras dan kaku (arteriosclerosis), ber”karat lemak” (atherosclerosis).
  3. Jika darah lebih kental seperti terjadi pada kelebihan sel darah, leukemia, anemia atau kekurangan cairan tubuh (dehidrasi).
  4. Ada bekuan darah kiriman (sering pada jantung) yang akhirnya menyumbat pembuluh darah otak.

Jika pasokan darah ke otak berkurang atau terhenti, otak kekurangan nutrisi. Nutrisi otak khususnya oksigen. Otak yang kekurangan oksigen akan terganggu fungsinya. Manifestasi gangguan fungsi otak muncul sebagai STROKE.

KAPAN serangan stroke terjadi ..??

Serangan stroke dapat terjadi pada saat salah satu dari factor-faktor pasokan darah ke otak ada yang terganggu. Akibat gangguan tersebut sel otak menjadi kelaparan darah, lalu rusak dan pada akhirnya mati. Ini jenis stroke sumbatan.

Dapat pula terjadi, sel otak juga mati apabila pipa pembuluh darah yang memasok darahnya tiba-tiba pecah. Jenis stroke ini disebut stroke pendarahan otak.

Pasokan darah otak berkurang paling sering akibat sumbatan pembuluh (ischemic). Sumbatan berasal dari “karat lemak” pembuluh darah otak yang sudah tebal, kaku dank eras (thrombus) atau dapat pula dating dari luar otak berupa penyumbatan kiriman (emboli).

Sumbatan kiriman umumnya berasal dari jantung dan pembuluh darah leher. Butiran lemak mungkin lepas dari katup jantung yang pernah sakit atau luruh dari dinding pembuluh darah leher lalu hanyut terbawa aliran darah dan tersangkut, sehingga akhirnya menyumbat salah satu pembuluh darah otak.

SEPERTI apa gejala stroke itu ..??

Otak kita seperti seperti sebuat peta. Setiap provinsi dan kota punya tugasnya masing-masing. Gejala stroke ditentukan oleh provinsi atau kota mana yang terjadi gangguan pasokan makanan. Itu sebabnya gejala stroke tidak hanya 1.

Sehingga tergantung apa yang terjadi pada pembuluh darah otak dan pembuluh darah otak mana yang terserang, dari hal tersebut gejala stroke berbeda-beda.

Jika terjadi sumbatan, maka seberapa besar sumbatan dan lokasi pembuluh darah otak mana yang tersumbat, hal ini juga menentukan jenis dan beratnya gejala stroke.

Paling spesifik munculnya gejala kelumpuhan separuh tubuh. Bila gangguan di pembuluh darak otak kiri, maka gejala yang muncul pada sisi tubuh kanan. Begitu pula sebaliknya, bila gangguan terjadi pada pembuluh darah otak kanan, gejala strokenya pada sisi tubuh kiri.

Gejala stroke bervariasi dalam berat atau ringan dan ragam keluhannya.

Mulai dari :

  • Kesemutan
  • Kelemahan otot
  • Gerakan tubuh tidak tangkas
  • Kehilangan sebagian lapangan penglihatan
  • Gangguan melirik
  • Buta mendadak
  • Gangguan bicara
  • Gangguan memahami pembicaraan
  • Kesulitan melangkah
  • Mengompol
  • Koma

Pada stroke sumbatan (ischemic) umumnya pasien masih sadarkan diri, sedang pada stroke perdarahan (haemorrhagic) kesadaran umumnya sudah terganggu, bahkan bisa sampai pada tingkat koma.

APA yang dimaksud dengan stroke ringan ..??

Stroke ringan hanya berlangsung sepintas atau disebut Transient Ischemic Attack (TIA). Penyebabnya adanya pembuluh darah otak bagian belakang (arteri cerebri posterior) yang tersumbat.

Biasanya sumbatan dating dari penyumbat kiriman (emboli) yang berasal dari pembuluh darah leher. Gejala stroke biasanya menghilang dengan sendirinya kurang dalam 24 jam.

APA saja factor resiko terkena stroke ..??

Hampir sama, tetapi tidak sama persis serupa dengan factor resiko penyakit jantung koroner.

Faktor Resiko Stroke :

  1. Penderita darah tinggi (Hypertensi) memiliki 3x lebih tinggi beresiko disbanding orang normal.
  2. Kencing manis (Diabetes Mellitus) memiliki 2x lebih tinggi beresiko dibanding orang normal. Penderita DM yang tak bergantung insulin (NIDDM) atau DM type 2 lebih besar resiko strokenya disbanding penderita yang bergantung insulin (IDDM) atau 4x lebih beresiko dari orang normal.
  3. Asam Urat lebih beresiko pada penderita DM type 2, berkaitan dengan proses “karat lemak” pembuluh darah otak.
  4. Protein albumin meninggi, khususnya pada penderita DM type 2 dalam pembentukan penyumbat pembuluh darah otak.
  5. Merokok lebih beresiko 3x dari orang yang bukan perokok
  6. Lemak darah yang tinggi
  7. Peminum alcohol beresiko terjadinya stroke perdarahan

Faktor resiko generasi baru :

  • Homocysteine yang tinggi
  • Kelainan pembekuan darah jika kekurangan factor-faktor dalam darah : antithrombin, Protein C, Protein S, PAI-1 (Plasminogen Activator Inhibitor–1) dan t-PA (tissue-Plasminogen Activator), serta meningkatnya fibrinogen, Lipoprotein (a) {Lp(a)}, C-Reactive Protein (CRP) serta ditemukannya Anticardiolipin antibodies (ACA) dan zat anti terhadap kuman Chlamydia pneumonia (IgG Chlamydia pneumonia)

SIAPA yang dimaksud dengan stroke profile ..??

Orang yang berbakat stroke disebut juga stroke profile atau stroke prone person, yaitu :

  1. Orang yang berumur lebih dari 50th.
  2. Penderita darah tinggi (Hypertensi)
  3. Keturunan kencing manis dengan lemak darah dan asam urat tinggi.
  4. Penderita penyakit jantung.
  5. Perokok
  6. Pemakai KB hormone.

APAKAH semua kasus stroke dapat disembuhkan ..??

Stroke perdarahan (haemorrhagic) pada umunya sudah tidak dapat tertolong jika sudah lewat dari 24 jam sejak terjadi serangan.

Hampir semua stroke sumbatan (ischemic) umumnya dapat ditolong, namun makna kesembuhan dalam stroke belum tentu pulih 100% seperti sediakala.

Setelah sembuh, pasien stroke sedikit banyak masih menyisakan kecacatan, tetapi semua sisa dampak serangan stroke dapat dipulihkan dengan terapi yang tepat dan konsumsi Tahitian Noni Bioactive Beverage secara rutin dan konsisten.

APA yang umumnya muncul pada pascastroke ..??

Pascastroke mungkin dapat muncul gangguan berjalan (Sindroma Parkinson). Langkah menjadi kaku, tangan tremor atau langkah kecil-kecil, gangguan berkemih dan buang hajat.

Aktivitas sexual mungkin juga dapat terganggu atau malah bisa pula menjadi hypersex, sadistis, sebagian besar malah impotensi. Dapat pula menjadi pencemburu, awal dari kepikunan.

KESALAHAN apa yang sering timbul dalam manajemen stroke..??

Kelalaian mungkin di awal-awal pengobata. Dari gejala dan bantuan pencitraan otak, dokter dapat menentukan lokasi dan sifat gangguan otak yang terjadi.

Dari hasil pemeriksaan pencitraan otak dapat disimpulkan diagnosis dan obat farmasi yang tepat untuk diberikan pada pasien. Tidak semua kasus stroke diberikan obat farmasi yang sama, bahkan ada jenis obat farmasi untuk stroke yang bisa berbahaya jika pemberian obatnya salah alamat.

Kasus stroke jenis Infarc Cerebri Haemorrhagic (ICH), yaitu jenis perdarahan otak yang berlangsung secara bertahap, sedikit – sedikit, luput dikenali. Pada kasus jenis ini pemberian infuse antibengkak (antioedema) seperti lazim diberikan pada kasus stroke, malah dapat memperburuk penyakitnya. Penderita atau keluarga harus mencurigai adanya jenis stroke ini apabila stroke ternyata tidak menunjukan perbaikan pada hari ke tiga sampai hari kelima.

APA stroke masih bisa kambuh ..??

Stroke sangat mungkin kambuh kembali jika factor yang menjadi dasar strokenya tidak diperbaiki atau kembali memburuk. Pada saat tekanan darah, kencing manis, kondisi jantung, obesitas, lemak darah, asam urat, fungsi kelenjar gondok dan kemungkinan infeksi harus diperiksa terus secara berkala setelah mengalami serangan stroke, termasuk stress, merokok, alcohol dan kebiasaan kurang gerak.

APA tanda-tanda awal stroke ..??

Sebelum stroke lengkap muncul, mungkin sudah ada tanda-tanda awal stroke yang bisa dikenali, seperti tangan mulai tidak tangkas menulis sehingga tulisan semakin jelek, atau tanda tangan menjadi kacau, kesukaran dalam menyisir rambut, sukar memakai sendiri kancing baju, dan tidak terampil dalam memakai sandal jepit atau mengikat tali sepatu.

Hal lain adalah sering pusing tampa sebab,semakin pelupa, sulit tidur, sering mengorok padahal sebelumnya tidak pernah atau mengigau sesak napas (sleep apnea)

APA yang dimaksud dengan silent stroke ..??

Seperti halnya pada penyakit jantung koroner, silent stroke juga menimbulkan kerusakan otak tanpa disertai munculnya isyarat berupa keluhan dan gejala apa pun. Itu terjadi karena kejadian gangguan pembuluh darah otaknya bukan pada bagian vital otak, sehingga tidak muncul sebagai manifestasi gangguan fungsi otak.

Silent stroke tidak boleh diabaikan dan harus dicegah, karena jika dibiarkan lambat laun stroke dapat menjalar ke bagian vital dari otak. Pada peta otak seperti sudah dibahas sebelumnya, pada silent stroke kejadian stroke masih di daerah-daerah pedesaan, belum memasuki kota atau provinsi. Gejala dan keluhan baru muncul jika kerusakan otak sudah menjalar memasuki kota dan provinsi.

Silent stroke sudah terlambat bila baru mencegahnya setelah gejala stroke lengkap muncul. Oleh karena silent stroke tidak bergejala, orang dengan resiko stroke ada baiknya melakukan pencitraan otak untuk mengetetahui sejak dini apa di otaknya sudah terjadi silent stroke.

BISAKAH stroke dicegah ..??

Sangat bisa kita mencegah stroke dengan memeriksa dan mengontrol factor-faktor resiko stroke seperti yang sudah dijelaskan sebelumhya, terutama bagi orang yang berbakat stroke. Jika factor resiko stroke terkontrol, kemunculan stroke dapat dibatalkan.

Stroke juga bisa terjadi tanpa ada sumbatan jika fluktuasi tekanan darah dibiarkan bergejolak atau pembuluh darah otak menguncup seketika akibat proses menua, atau berada lama dalam kondisi stress.

Stroke juga bisa terjadi jika tekanan darah kelewat rendah (akibat overdosis obat darah tinggi) dengan akibat yang sama buruknya dengan jika tekanan darah dibiarkan sedikit tinggi.

APA terapi mutakhir stroke ..??

Sudah dicoba untuk member cool therapy pada otak begitu stroke menyerang. Tujuannya mengurangi kerusakan otak yang lebih luas. Adapula dengan pemakaian balon dan stents (cincin metak) seperti halnya pada jantung koroner yang dipasang pada pembuluh darah yang menyempit dengan tingkat keriskanan yang tinggi

Cara lain dengan tambalan tranplantasi otak pada bagian yang rusak. LBS-Neurons dari sel induk mudigah (embryonic-like-cells). Sel yang ditanam berasal dari tali pusat bayi.

Saat ini ada cara terapi stroke yang mudah dan aman tanpa resiko, yaitu dengan konsumsi Tahitian Noni Bioactive Beverage.

Tahitian Noni Bioactive Beverage (TNBB) di buat dari Morinda Citrifolia (queen of morinda) dari kepulauan Tahiti yang tanahnya pristine (fresh and clean).

Bioactive compounds = Kumpulan senyawa fitokimia yang menghasilkan aktivitas biologis di dalam tubuh.

Tahitian Noni Bioactive Beverage tidak sekedar testimony tetapi didukung oleh riset yang mendapatkan Hak Patent Efek Terapeutik oleh lembaga Independent, berikut Hak Patent yang berkaitan dengan stroke.

  1. Xeronin : Alkaloid barun yang bermanfaat dalam bidang kedokteran yang terbukti signifikan untuk menurunkan penggumpalan darah melalui kateter intravena, mereduksi edema inflamasi dan mengontrol bleeding time sewaktu stress à Hak Patent : USPTO 4,543,212 – 24 September 1985, http://patft.uspto.gov/netacgi/nph-Parser?Signifikan terhadap SAR dan LPO dengan kekuatan melebihi antioksidan vitamin C, piknogenol dan tepung biji anggur à Hak Patent : USPTO No. 60/251,147 – 5 Desember 2000, http://www.patentstorm.us/applications/20100331524/description.html
  2. Mereduksi kerusakan seluler : Meregenerasi seluler dan fungsi sel, meningkatkan kemampuan sel mengabsorbsi nutrisi, membersihkan radikal bebas lipid hidroperoksida dan anion superoksida di dalam tubuh, dapat mendelay on set penyakit dan mendelay onset proses penuaan à Hak Patent : WO 02/43664 A2 – 6 Juni 2002, http://www.wipo.int/pctdb/en/wo.jsp?WO=2002043664
  3. Mereduksi Oksiterol Darah : Sangat signifikan menurunkan tekanan darah, trigliserida, LDL, lipid peroksida serta meningkatkan HDL, memulihkan plak ateroma dan degenerative vaskuler dapat menghentikan aterogenesis dan restinosis à Hak Patent : WO 02/056899 A1 – 25 Juli 2002, http://www.wipo.int/pctdb/en/fetch.jsp?
  4. Meningkatkan Profil Lipid Protein dan Mereduksi HMG-KoA Reduktase :Meningkatkan profil lipid protein, mereduksi kadar lipoprotein densitas rendah (LDL), meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL, mengurangi absorbs asam lemak memalui epitel usus halus dan menginhibisi HMG-KoA Reduktase à Hak Patent : WO 2005/069844 A2 – 4 Agustus 2005, http://www.wipo.int/pctdb/en/fetch.jsp?
  5. Menginhibisi Enzim Pengonversi Angiontensin dan Shimase : Untuk prevensi dan tritmen hypertensi, aterosklerosis, stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan mempengaruhi vasodilatasi dengan cara menginhibisi ACE dan enzim Shimase, prevensi dan tritmen gangguan primer aktivitas ACE dan enzim Shimase, serta prevensi komplikasi akibat aktivitas ACE dan enzin Shimase, dapat meningkatakan efektivitas manajemen antihypertensi dengan mengeliminasi efek samping obat farmasi à WO 2005/086935 A2 – 22 September 2005, http://www.wipo.int/pctdb/en/fetch.jsp?

Selain Hak Patent, Tahitian Noni Bioactive Beverage juga melakukan uji klinis Human Clinical Trial. Hingga saat ini sudah 15 Human Clinical Trial dilakukan oleh Tahitian Noni Bioactive Beverage.

Dengan standar double-blind, placebo-controlled, dr. Mian-Ying Wang dari Universitas Illinois di Rockford menemukan bahwa subyek tesnya, perokok berat yang mengkonsumsi 30 hingga 120cc Tahitian Noni Bioactive Beverage setiap hari selama 1 bulan, mengalami penurunan tingkat kolesterol sebanyak 19% dan trigliserida yang berbahaya sebanyak 20%. Sementara kelompok yang diberikan placebo (ramuan yang secara farmakologis tidak aktif dan digunakan sebagai pembanding dalam penilaian khasiat suatu obat tertentu) memperlihatkan perubahan yang tidak signifikan dalam tingkat kolesterol dan trigeselida mereka. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Tahitian Noni Bioactive Beverage mampu menurunkan tingkat kolesterol seseorang dari tingkat kolesterol dari tingkat yang berbahaya ke tingkat yang aman dalam waktu hanya 1 bulan.

Ada banyak alasan mengapa Tahitian Noni Bioactive Beverage berhasil menyembuhkan para penderita penyakit Stroke.

  • Mengandung Scopoletin, yang telah terbukti secara penelitian mampu memuaikan pembuluh darah sehingga tekanan darah lebih rendah.
  • Menginduksi/merangsang produksi Nitric Oxide dari sel-sel Endothel sehingga pembuluh darah lebih elastis – Vasodilatasi.
  • Menghilangkan Edema Inflamasi sehingga menghilangkan penyempitan pembuluh darah.
  • Mengurangi inflamasi – menghambat enzim COX2, 5-LOX, 15-LOX.
  • Menghambat aktivitas enzim lipase, HMG CoA Reduktase, asil CoA kolesterol acitransferase, lipid peroksidase.
  • Menurunkan tekanan darah – langsung dan tidak langsung.

Hasil penelitian dr Neil Soloman, MD, PhD terhadap pasien-pasiennya bahwa 1.893 pasien yang mengkonsumsi Tahitian Noni Bioactive Beverage untuk mengatasi penyakit stroke mereka, 51% melaporkan bahwa penyakit stroke mereka mulai berangsur-angsur sembuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUBLIC SPEAKING : MATERI & PESAN ( PART. 2 )

Modernisasi Desa

MITOS KUCING HITAM